Avatar Aang Season 1 : Keren, To the point dan Datar

Review Avatar Aang Season 1 Bahasa Indonesia


Ya, disini gua coba ngebandingin 'plot' avatar season 1 dengan naruto, Avatar kelihatan lebih rapi dan tertata. Mungkin karena avatar bukan anime dari jepang melainkan series tv amerika dan bukan berdasarkan dari manga / comic. (no offense, series naruto + boruto fav. gue juga kok)

Komiknya ada sih, tapi diterbitkan setelah seriesnya selesai. Seriesnya dimulai pada tahun 2005, sedangkan komiknya terbit pada desember 2012. Jadi jelas series nya bukan berdasarkan komik. Tentang komiknya, ntar deh di review aang season 3 gue bahas lebih lanjut.

"Cerita dimulai dengan sebuah dunia yang dipimpin oleh 4 negara yang masing masing mewakili elemen. Yaitu Api, air, tanah dan udara.Umumnya, orang biasa bisa menguasai satu elemen, dan mereka disebut bender (pengendali). Sedangkan avatar, representasi pembawa keseimbangan dan keadilan di dunia, bisa menguasai semua elemen."

Map Avatar


"100 Tahun perang sudah dimulai oleh raja api yang ingin menguasai dunia. Tetapi sang avatar yang diharapkan menghentikan perang tersebut, masih belum muncul."

"Aang adalah avatar yang terlahir sebagai pengendali udara, ia melarikan diri dari kuil udara tempat ia lahir dan belajar karena ia tidak ingin dan belum siap menjadi avatar. Tetapi ditengah perjalanan, ia diterpa badai besar dan tenggelam di lautan. Sesaat ketika hampir mati, ia melepaskan kekuatan avatarnya dan membuat bongkahan es besar  untuk dirinya dan peliharaannya, bison terbang bernama appa, dan terjebak disana untuk waktu yang sangat lama."

"Setelah 100 tahun tertidur, aang akhirnya ditemukan oleh Aang dan Sokka, dua bersaudara dari suku air selatan yang memecahkan bongkahan es tersebut." Oke, kayanya cukup sinopsisnya..

Ini gue kasi garis besar ceritanya per episode:

Episode 1 - Pengenalan karakter Aang, Katara Sokka, Zuko dan Perang
Episode 2 - Zuko vs avatar Aang + kisah dan tugas zuko
Episode 3 - Zuko vs Zhao + Perjalanan Aang ke kuil udara selatan
Episode 4 - Zuko vs avatar aang + perjalanan ke Pulau avatar kiyoshi
Episode 5 - Perjalanan ke Omashu dan bertemu raja bumi
Episode 6 - Pertemuan dengan 'Haru'
Episode 7 - Aang dan alam roh
Episode 8 - Pergi ke negara api
Episode 9 - Belajar mengendalikan air dari katara (Water bending)
Episode 10 - Pertemuan dengan 'Jet' dan pasukan keadilan



Episode 11 - Perselisihan suku Zhang dan Gan Jin
Episode 12 - Masa Lalu aang dan zuko
Episode 13 - Mencari obat untuk Sokka dan Katara
Episode 14 - Peramal 'Bibi Wu'
Episode 15 - Avatar vs Zuko
Episode 16 - Pertemuan dengan 'Jeong Jeong'
Episode 17 - Perjalanan Aang ke Kuil udara utara
Episode 18 - Memasuki suku air utara + belajar pengendalian air dari guru Pakku
Episode 19 - Serangan Pasukan negara api ke suku air utara
Episode 20 - Serangan Pasukan negara api ke suku air utara (part 2)

Review dari gue untuk season kali ini sih ga banyak. Ceritanya keren, rapih dan to the point. Alias tiap perjalanan avatar aang itu kelihatan seluruhnya penting dan masih punya hubungan dan korelasi sama tujuan akhirnya, yaitu mengalahkan fire lord ozai, untuk menghentikan perang diseluruh dunia.

Yang kelihatan ngga to the point dari cerita ini cuma satu, yaitu Aang yang beberapa kali kabur dari tangkapan zuko, dan sebenarnya ini juga bagian dari plot yang dibangun untuk ending pada season 3, jadi ga bisa dibilang sia sia sih.

Dari sisi krtik, gue bilang cerita ini kurang 'bumbu' dan suspense yang dibutuhkan. Sehingga kadang datar dan kurang 'worthy' buat kalian yang haus suspend. Pembangunan cerita juga punya celah, sehingga banyak part yang samar samar. Seperti ikan ying dan yang, bulan merah dsb.

Jokes yang diberikan sokka, terasa childish, yaitu tentang lapar dan 'menggerutu' tentang makanan. Menggambarkan remaja itu suka makan, padahal tidak semua. Dan ada beberapa part yang Aang perlu keseriusan, sokka malah memberikan jokes yang kurang perlu.

Cerita ini juga 'tipis' akan makna. Tak seperti anime naruto yang Berlebihan makna, itu juga akan membuat penonton terkadang males ngedenger bacotan karakter penjahat dan naruto sendiri.

Ya, kalau kalian bilang animasi ini kurang 'animasi'. karena menggunakan bahasa inggris. Ya, sekarang kalian gapunya alasan lagi, karena udah ada dub jepang, bahkan dub indonesianya juga ada. Oke, karena pasar animasi ini untuk 13+, overall untuk season ini, 9,0 dari gue. Angka 9 pertama yang gue kasi sejak mereview belasan drama dan film di website ini.

Belum ada Komentar untuk "Avatar Aang Season 1 : Keren, To the point dan Datar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel